Pages

Friday, January 18, 2013

Pihak-pihak yang memakai laporan keuangan dan fungsinya

sumber gambar google
informasi yang dilaporkan di laporan keuangan sangat umum, jadi tidak semua bisa di pakai untuk memenuhi kebutuhan pemakai. berikut ini pihak-pihak yang memakai laporan keuangan dan fungsinya.


·         Investor
Para investor dan penasihatnya berkepentingan terhadap resiko yang melekat dan hasil pengembangan dari investasi yang dilakukannya, investor ini membutuhkan informasi laporan keuangan untuk membantu menentukan apakah harus membeli, menahan atau menjual investasi tersebut. Selain itu, mereka juga tertarik pada informasi yang memungkinkan penilaian terhadap kkemampuan perusahaan dalam membayar deviden.


·         Kreditor (pemberi pinjaman)
Para kreditor memakai laporan keuangan untuk memutuskan apakah memberi kredit ke peda perusahaan yang mau meminjam dan memastkan apakah pinjaman serta bunganya dapat dibayar pada saat jatuh tempo.

·         Pemasok dan kreditor usaha lainnya
Pemasok dan kreditor usaha lainnya menggunaka laporan keuangan untuk memutuskan apakah jumlah yang terutang akan dibayar pad saat jatuh tempo. Kreditor usaha berkepentingan pada p[erusahaan dalam tenggang waktu yang lebih pendek disbanding kreditor.

·         Shareholders (para pemegang saham)
Menggunakan laporan keuangan untuk memantau kemajuan perusahaan, pembagian keuntungan yang di peroleh, dan penambahan modal untuk business selanjutnya.

·         Pelanggam
Pelanggan memakai laporan keuangan untuk mengetahui kelangsungan hidup perusahaan, terutama pelanggan yang terlibat dengan perjanjian jangka pajang perusahaan tersebut.

·         Pemerintah
Pemerintah dan berbagai lembaga yang berada di bawah kekuasaannya berkepentingan dengan alokasi sumber daya dan oleh karenanya berkepentingan dengan aktivitas perusahaa. Selain itu, mereka juga membutuhkan informasi untuk mengatur aktivias perusahaan, menetapkan kebijakan pajak dan sebagai dasar untuk menyusun statistik pendapatan nasional dan statistik lainnya.

·         Karyawan
Karyawan dan kelompok-kelompok yang mewakilinya tertarik pada informasi mengenai stabilitas dan profitabilitas perusahaan. Mereka juga tertarik pada informasi yang memungkinkan mereka melakukan penilaian atas kemampuan perusahaan dalam memberikan balas jasa, manfaat pension dan kesemapatan kerja.

·         Masyarakat
Perusahaan mempengaruhi anggota masyarakat dalam berbagai cara, seperti member kontribusi pada perekonomian nasional, termasuk jumlah orang yang diperkerjakan dan perlindungan kepada para penanaman modal domestic. Laporan keuangan dapat membantu masyarkat dengan menyediakaninformasi kecenderungan (trend) dan perkembangan terakhir kemakmuran perusahaan serta rangkaian aktivitasnya.

No comments:

Post a Comment